Teknologi Maksa. Terlalu Memaksakan Solusi

Beberapa waktu lalu dalam tweet saya mempertanyakan begitu banyak koin dan token kripto, apakah semuanya dipakai?

Sama seperti tahun-tahun lalu di mana aplikasi smartphone sedang booming, semua orang memaksakan aplikasi masuk ke dalam layar kecil handphone. Apakah aplikasi-aplikasi sebanyak itu di App Store atau Play Store berguna?

Teknologi blockchain sedang meledak akhir-akhir ini, orang-orang berbondong-bondong “memasukkan solusi ke dalam blockchain”, mata uang kripto bermunculan dari hari ke hari.

Kemampuan blockchain menyimpan data dalam serangkaian blok yang saling terhubung dan diamankan menggunakan teknik kriptografi, membuat keunggulan tersendiri di mana blockchain resistan terhadap modifikasi data. Secure by design inilah membuat blockchain cocok untuk merekam peristiwa, catatan medis, dan aktivitas pengelolaan record lainnya, seperti manajemen identitas, pemrosesan transaksi, dokumentasi barang bukti, ketertelusuran makanan (food traceability), dan pemungutan suara (voting). (sumber wikipedia)

Melihat keunggulan teknologi blockchain di atas, bukan berarti satu teknologi cocok untuk semua. Bagaimapun juga, blockchain adalah sistem basis data (database system), ada begitu banyak teknologi yang mendukung dan saling berhubungan satu dengan lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *