Mengenal Komputasi Awan / Cloud Computing Secara Sederhana ☁

Coba deh kamu nge-tweet ? pakai app Twitter di smartphone ?, lalu buka komputer desktop / laptop ?, pasti tweet-an yang sama akan muncul baik di smartphone atau komputer desktop. Kenapa itu bisa terjadi? Karena tweet-an kamu tersimpan di Awan / Cloud ☁.

tweet-smartphone

Selain terjadi proses komputasi di smartphone, selama proses penyimpanan tersebut, terjadi pula komputasi melalui Internet, dalam contoh ini proses tersebut dilakukan oleh layanan Twitter.

tweet-desktop

Lalu Kenapa Disebut “Awan / Cloud”?

Selama beberapa dekade, diagram jaringan menggunakan simbol seperti awan untuk mereduksikan infrastruktur jaringan yang kompleks. Coba bayangkan jaringan komputer yang ada di rumah atau di kantor, ada kabel, router, hub / switch, hotspot dan lain sebagainya hingga jaringan tersebut tersebut terhubung ke Internet. Proses yang terjadi di jaringan tersebut direpresentasikan melalui simbol awan / cloud.

Kini istilah Cloud mengacu kepada Internet dan komputasi awan memberikan keuntungan bukan saja pada para pengembang atau publisher konten, tapi juga untuk para pengguna. Untuk lebih lengkap tentang pengertian Cloud, teman-teman bisa cari tahu di sini: http://www.pcmag.com/encyclopedia/term/39847/cloud

social-cloud

Lantas Apa Saja Cakupan Komputasi Awan?

Seiring dengan maraknya penggunaan teknologi Internet, layanan komputasi awan pun menjadi beragam, dapat meliputi infrastruktur, basis data / database, platform, penyimpanan / storage dan aplikasi.

Screenshot berikut contoh layanan Awan berupa penyimpanan di Internet (dikenal cloud storage / penyimpanan awan) dari Amazon S3:

cloudstorage-s3

Pengembang aplikasi memanfaatkan Amazon S3 sebagai penyimpanan file untuk diakses melalui website atau aplikasi. Sedangkan contoh lain dari penyimpanan awan yang digunakan pengguna antara lain Dropbox, Google Drive dan Microsoft OneDrive.

Atau mungkin contoh lain yang sedang saya gunakan, ketika saya nge-blog di sini, selain komputasi dilakukan di komputer lokal (desktop / smartphone), komputasi juga terjadi melalui Internet. Kamu bisa baca tulisan saya di berbagai perangkat ?? melalui Internet, bukan? ?

cloud-ngeblog

Kamu punya pengetahuan atau pengalaman yang seru tentang Cloud Computing? Jangan ragu share di komen yah.. ?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *