Pentingnya Kemampuan Literasi di Era Informasi

Pada dasarnya literasi adalah kemampuan anak dalam membaca, mengerti apa yang dibaca, memanfaatkan pengertian yang dibaca di dalam kehidupan sehari-hari, menggunakan kemampuan membaca untuk selalu berfikir kritis dan analitis.

Demikian penuturan dari Prof. dr. Fasli Jalal, PhD. ketika menyampaikan pengertian literasi dalam acara Talkshow “Peran Strategis Keluarga, Sekolah, Masyarakat dan Pemerintah dalam Meningkatkan Kecerdasan Literasi”. Merupakan puncak acara dari serangkaian kegiatan tahunan Pekan Literasi 2019 tersebut juga menghadirkan beberapa narasumber lain yang berkompeten di bidangnya.

Melihat data yang ada, kemampuan literasi di Indonesia masih rendah. Berdasarkan sumber dari Organisation for Economic Cooperation and Development (OECD), Indonesia pada survei 2015 berada di peringkat ke-62 dari 72 negara yang disurvei. Begitu pula kompetensi membaca pelajar Indonesia menurut hasil survei PISA (Programe for International Student Assessment) tahun 2015 meraih 397, angka yang jauh di bawah rata-rata OECD sebesar 490.

Kemampuan literasi menjadi sangat penting mengingat informasi yang membanjiri di berbagai media digital. Dengan kemampuan literasi, seseorang tidak mudah dipengaruhi hoax dan menjadi mendiri karena mencerna semua informasi dengan kemampuan literasinya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *