Ignite The Nation, Gerakan 1000 Startup Digital

Dengan adanya gerakan 1000 Startup Digital, pemerintah mengharapkan para startup mampu memberikan solusi terhadap berbagai permasalahan bangsa. Program 1000 Startup Digital merupakan pembinaan berkelanjutan selama 6 bulan dari pemerintah untuk masyarakat umum dalam membangun startup digital.

Ada 6 tahapan yang harus dilalui dalam program pembinaan ini, tahapan yang pertama adalah ignition, yakni seminar yang diadakan di kota-kota di Indonesia. Kegiatan ignition di Kota Jakarta dilaksanakan pada Hari Minggu tanggal 18 Agustus 2019. Masih dalam semangat hari kemerdekaan 17 Agustus, kegiatan ignition gerakan 1000 startup kemarin mengangkat tema Ignite the Nation Satu Indonesia, Seribu Mimpi Seribu Karya Seribu Solusi untuk Satu Indonesia Raya.

Ribuan peserta membanjiri Istora Senayan pada acara ignition di Jakarta. Wakil Presiden Yusuf Kalla hadir dalam acara tersebut untuk meresmikan gerakan 1000 startup. Hadir pula Menteri Kominfo Rudiantara, Menteri Keuangan Sri Mulyani dan Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti. Selain itu menghandirkan pula mentor dari para game changer dari pelaku startup yang telah berhasil, di antaranya pendiri Bukalapak Achmad Zaky dan pendiri Tokopedia William Tanuwijaya.

Selain seminar, terdapat pula sesi networking, merupakan tahapan selanjutnya untuk para peserta yang mengikuti program 6 bulan pembinaan. Di sini para peserta bertemu, berinteraksi dengan peserta lainnya dan mengutarakan permasalahan di masyarakat apa yang ingin kamu selesaikan dengan membangun solusi startup digital. Tahapan lain yang harus dilalui dalam pembinaan 6 bulan adalah workshop, hacksprint, bootcamp, dan terakhir incubation.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *