FinEXPO 2018, Empat Program Pada Bulan Inklusi Keuangan

“Semua Inklusi, Perlindungan Pasti” merupakan tema yang diusung pada perayaan Bulan Inklusi keuangan yang jatuh pada Oktober setiap tahunnya. Pada puncak perayaan tersebut diadakan acara Financial Inclusion Expo (FinEXPO) yang dirangkai dengan kegiatan fun run, yakni Sundown Run 2018 yang digelar di Epiwalk, Kawasan Rasuna Epicentrum Kuningan Jakarta pada hari Sabtu kemarin (27/10/2018).

Acara yang didukung oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) tersebut diharapkan menjadi sarana yang baik untuk memasyarakatkan berbagai produk keuangan perbankan kepada masyarakat luas. Ada 4 program inklusi keuangan dan perlindungan konsumen yang diluncurkan OJK, di antaranya:

  1. Simpanan Pelajar (SimPel dan SimPel iB) Goes to School
  2. Simpanan Mahasiswa dan Pemuda (SiMuda), tabungan untuk usia 18 – 30 tahun dengan dilengkapi fitur asuransi dan/atau produk investasi.
  3. Reksa Dana Syariahku (SAKU), merupakan program investasi syariah untuk pelajar dan mahasiswa, berupa produk reksa dana syariah dengan persyaratan yang mudah dan sederhana.
  4. Reksa Dana Mini Mart, yakni penjualan reksa dana melalui jaringan minimarket, menjadi alternatif pilihan pembayaran reksa dana selain melalui transfer bank, pembayaran reksa dana juga bisa dilakukan di seluruh jaringan minimarket terdekat.

Kegiatan menarik lainnya pada fun day kemarin yaitu Bank BRI menghadirkan siswa-siswi sekolah dasar yang berasal dari sekolah-sekolah di Jabodetabek untuk mengikuti program edukasi mengenai menabung sejak dini, yang merupakan kampanye Simpel Goes to School.

Aktivitas dikemas dalam kegiatan yang menarik seperti menggambar dan menonton video edukasi keuangan. Selain itu mereka juga diajak untuk mengikuti kuis sederhana, bagi yang mampu menjawab, disediakan berbagai hadiah menarik seperti voucher pembelian buku di Gramedia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *