TechTalk Fintech (Financial Technology): Soal Regulasi dan Inklusifitas Keuangan

Financial technology adalah hal baru di Indonesia,

Kini pengguna Internet di Indonesia mencapai 88 juta atau 34 persen dari total penduduk, yang artinya peluang fintech di Indonesia sangat besar. Demikian pernyataan Ilham Habibie dalam acara rutin TechTalk di Habibie Center pada 16 Juni 2017. Acara TechTalk yang dibarengi dengan buka puasa bersama di bulan Ramadan itu mengangkat tema: “Financial Technology: Soal Regulasi dan Inklusifitas Keuangan”.

Literasi finansial yang dibahas bertujuan untuk meningkatkan inklusifitas keuangan, salah satunya dengan memanfaatkan aplikasi atau layanan financial technology (fintech). Selain itu fintech juga diharapkan mendorong penggunaan alat pembayaran nontunai, menjembatani kebutuhan dan menggerakkan UMKM sekaligus mendorong inklusifitas keuangan.

Acara tersebut menghadirkan pembicara dari praktisi dan regulasi di bidang finansial dan teknologi di antaranya: Ilham A. Habibie menjabat Ketua Dewan TIK Nasional, Karaniya Dharmasapitra menjabat Sekjen Asosiasi Fintech Indonesia, Yosamartha menjabat Senior Analyst Fintech Office BI dan Andi Taufan Garuda Putra menjabat Founder Amartha Mikro Fintech.

Fintech di Indonesia terus tumbuh dari tahun ke tahun. BI memperkirakan transaksi fintech akan mampu mencapai US$1,9 miliar atau setara Rp24 triliun sepanjang tahun 2017. Dengan pertumbuhan besar tersebut, layanan fintech perlu diimbangi dengan jaminan keamanan bagi para penggunanya. Dari situ lah BI bersama Otoritas Jasa Keuangan (OJK) telah mengeluarkan beberapa regulasi agar layanan fintech tetap berada dalam koridor kehati-hatian dan perlindungan konsumen.

Dalam sesi tanya jawab, didiskusikan bagaimana pemerintah sebagai regulator bisa mengatasi penyalahgunaan fintech, salah satunya adalah penipuan produk/jasa keuangan kepada konsumen. Serta bagaimana regulasi yang dikeluarkan bisa tetap memberikan perlindungan bagi masyarakat tanpa harus menghambat inovasi fintech di Indonesia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *