Let’s Be Smart, Teachers! What’s Our Commitment to the Students?

“Pagiku cerahku, matahari bersinar. Ku gendong tas merahku, di pundak. Slamat pagi semua, ku nantikan dirimu. Di depan kelasku, menantikan kami..” Begitulah sepenggalan kalimat dari lirik “Terima Kasih Guruku” dari AFI Junior.

Di pagi yang cerah, guru-guru PAUD Kecamatan Parung yang luar biasa berkumpul di tempat yang indah, gazebo di tengah-tengah danau Taman Universitas Terbuka Pondok Cabe. Dengan tim yang hebat, acara diselenggarakan oleh Komunitas Pelangi serta didukung oleh Dinas Pendidikan Kecamatan Parung dan materi disampaikan oleh Smart Parents Titian Insan Cemerlang, menjadikan Training Guru Cerdas “Pembelajaran yang Patut dan Menyenangkan” menjadi begitu mengesankan bagi para peserta. “Beda dari yang lain,” begitulah kesan yang disampaikan oleh salah satu peserta tentang pelatihan kali ini.

Di tempat itu guru-guru dilatih menciptakan pembelajaran yang menarik di kelas. Tentunya Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) mempunyai keunikan tersendiri dibanding dengan Pendidikan Dasar seperti SD, SMP dan SMA. Dengan permasalahan yang dihadapi baik oleh Guru maupun Murid, ditambah lagi begitu banyak tantangan di depan mata, menuntut guru-guru PAUD harus dapat menjadi pribadi yang cerdas ketika menghadapi peserta didiknya.

2015-05-13 10.55.27

“Apa yang diinginkan sebagai seorang guru?” Di banner besar terpampang sebuah gambar “the dream tree”. Di situlah para peserta menempelkan harapan-harapan mereka sebagai seorang pendidik.

lets-make-dream

Mimpi tanpa komitmen adalah “omong kosong”. “Dengan komitmen, sesorang mempunyai keteguhan jiwa, stabilitas sosial tinggi, toleransi, mampu bertahan pada masa sulit, dan tidak mudah terprovokasi, serta fokus ke sasaran yang tepat dan membuahkan HASIL,” salah satu kutipan dari materi pelatihan tersebut.

2015-05-13 11.05.05

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *