bumi bulat berputar

Bumi itu.. Bulat dan Berputar

“The time is likely to show 12:40+00:00”

Aku bertanya kepada seorang klien di London tentang zona waktu di Inggris, demikianlah jawaban yang diberikan klien tersebut ketika aku bertanya maksud dari “+01:00”. Selama musim panas, waktu di Inggris menggunakan BST (British Summer Time) di mana jam diset sejam lebih awal dari GMT (Greenwich Mean Time). Artinya ketika waktu setempat menunjukkan jam 12:40, sebenarnya waktu GMT adalah 11:40. “The current UK time is GMT+1 because it is BST (British Summer Time),” demikian tutur si klien.

Singkat cerita, si klien mempunyai masalah dengan zona waktu pada aplikasi siaran TV yang diakses oleh perangkat mobile (perangkat bergerak). Data waktu disimpan mengacu pada waktu GMT, zona waktu yang dipakai di Inggris. Sedangkan ada kemungkinan aplikasi dipakai pada zona waktu berbeda. Katakanlah pengguna mengakses dari Paris menggunakan zona waktu GMT+2, siaran olah raga sepak bola dimulai jam 11:40 GMT, dengan demikian si pengguna tersebut melihat siaran bola tersebut jam 13:40 (13:40+02:00) dari Paris.

Bulat dan Berputar

Masih ingat dengan pelajaran SD tentang ‘Rotasi Bumi‘? Dengan bentuknya bulat seperti bola, bumi melakukan gerakan berputar pada sumbunya, mengakibatkan terjadinya siang dan malam. Bagian daerah yang terkena sinar matahari mengalami siang, begitu sebaliknya belahan lainnya mengalami malam. Hal itulah yang mengakibatkan zona waktu berbeda dari satu tempat ke tempat lain. Misalnya zona waktu Jakarta adalah GMT+7, artinya ketika waktu di Greenwich adalah 00:00 (tengah malam), di Jakarta sudah jam 07:00 pagi.

Selain perputaran bumi pada sumbunya, bumi pula berputar mengelilingi matahari selama 365 hari (366 hari untuk kabisat). Perputaran ini yang mendasari kalender masehi dan terjadi pergantian musim. Seperti yang dijelaskan di atas, ketika sinar matahari jatuh lebih banyak di belahan bumi utara, maka belahan bumi tersebut sedang mengalami musim panas, sebaliknya di belahan bumi bagian selatan sedang mengalami musim dingin.

Earth rotating

Bagaimana dengan Zona Waktu di Indonesia?

Dengan wilayah yang membentang dari barat ke timur, Indonesia di bagi menjadi 3 zona waktu, Waktu Indonesia Barat (WIB), Waktu Indonesia Tengah (WITA), dan Waktu Indonesia Timur (WIT), dengan perbedaan masing-masing satu jam. Hal tersebut membuat perbedaan waktu di masing-masing wilayah. Seperti contoh kasus siaran TV, ketika pertandingan sepak bola di Jakarta disiarkan jam 15:00, maka dengan perbedaan waktu 2 jam menjadikan masyarakat di Papua dapat menikmati siaran tersebut jam 17:00.

Beda halnya dengan negara-negara di belahan bumi utara, Indonesia yang berada di daerah tropis tidak terjadi 4 musim seperti yang ada di negara-negara Eropa, hanya ada musim kemarau dan musim hujan. Letaknya yang berada di garis khatulistiwa mengakibatkan lama penyinaran matahari hampir tetap sepanjang tahun, yaitu sekitar 12 jam sehari. Tidak seperti di Inggris, di sana jatuhnya sinar matahari lebih panjang ketika musim panas, sehingga ada percepatan waktu yang dinamakan BST (British Summer Time).

Zona Waktu Indonesia
Zona Waktu Indonesia. Kuning: WIB, Hijau: WITA, Biru: WIT. Sumber: http://id.wikipedia.org/wiki/Berkas:UTC_hue4map_IDN.png

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *